Dalam rangka membangun kebersamaan antar Politeknik Negeri di Indonesia dan guna meningkatkan eksistensi pendidikan Politeknik Negeri di Indonesia melalui kemitraan, maka SBMPN memberikan kesempatan yang lebih luas kepada calon mahasiswa untuk memilih Politeknik dan Program Studi yang paling diminati di seluruh Indonesia serta meringankan beban biaya bagi peminat yang memilih Politeknik di luar wilayah domisilinya (sesuai dengan daftar Politeknik yang tersedia).

A. Syarat calon mahasiswa :

  1. Lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan yang sesuai.

  2. Umur maksimal 21 tahun pada saat pendaftaran.

  3. Berkelakuan baik, berjiwa dan berbadan sehat. Khusus untuk calon mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Komputer tidak buta warna (Wajib bagi calon yang memilih di Politeknik Negeri Sriwijaya). Seluruh pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Tim Kesehatan dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

  4. Warga Negara Asing dengan izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional R.I. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.

B. Mekanisme Pendaftaran SBMPN lintas Politeknik se-Indonesia

  1. Peserta diwajibkan memilih Program Studi pada Politeknik Negeri Sriwijaya, dengan jumlah 3 pilihan Program Studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Politeknik Negeri Sriwijaya.

  2. Memilih maksimal 2 (dua) Jurusan/Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Sriwijaya dan 1 (satu) Pilihan Jurusan/Program Studi di Politeknik lainnya.

  3. Biaya Pendaftaran bernilai sama pada SBMPN 2020
  4. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Jurusan yang sesuai, yang belum lolos/ diterima melalui jalur SNMPN dan Kejar paket C. Pendaftar SNMPN yang lolos baik utama maupun cadangan namun tidak mendaftar ulang karena alasan apapun tetap tidak diperkenankan mendaftar .

C. Daftar Politeknik Negeri Se-Indonesia